RSS

Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan

         BAB 1 Berkomunikasi di Tempat Kerja
A.  Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman atau penyampaian berita/pesan/ informasi dari satu pihak (komunikator) kepada pihak lain (komunikan) dalam usaha untuk mendapatkan saling pengertian. Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin “communicare” yang artinya sama. Jadi, secara etimologis komunikasi berarti proses untuk memperoleh pengertian yang sama. Komunikasi merupakan suatu proses pengiriman/penerimaan informasi,  berita, atau pesan antara dua orang atau lebih dengan menggunakan cara yang tepat sehingga informasi, berita, atau pesan yang dimaksud dapat dimengerti oleh keduanya.

B.  Unsur-Unsur Komunikasi
Menurut Redfield, komunikasi terdiri dari lima unsur berikut ini;
1.   Communicator (komunikator) yaitu orang atau pihak yang mengirimkan informasi.
2.  Messages, yaitu informasi, berita, atau pesan yang dikirimkan.
3.  Transmits, yaitu prosedur pengiriman pesan/ informasi.
4.  Communicatee (komunikan), yaitu orang atau pihak penerima informasi.
5.  Respone, yaitu reaksi, feedback, atau tanggapan dari pihak komunikan.

C.  Jenis-Jenis Media Komunikasi
Media komunikasi merupakan unsur yang sangat penting dalam proses komunikasi. Dengan menggunakan media komunikasi maka aliran informasi, berita, atau pesan dapat dikirim atau diterima dengan cepat dan mudah.
Secara umum fungsi media komunikasi adalah sebagai berikut;
1.     Alat atau saluran untuk menyampaikan informasi
2.    Alat untuk penerjemah lambang komunikasi
3.    Alat untuk mempercepat dan mempersingkat penyampaian informasi
4.    Alat untuk menghibur (to entertaint) dan mendidik (to educate)
5.    Alat untuk mempengaruhi masyarakat

Berdasarkan cara penggunaanya, terdapat tiga jenis media komunikasi yaitu media komunikasi audial, media komunikasi visual, dan media komunikasi audiovisual.
1)  Media komunikasi audial, yaitu alat komunikasi yang dapat ditangkap, didengar, dan dipahami oleh alat pendengaran. Contohnya: telepon, radio, tape recorder, dll.
2) Media komunikasi visual, yaitu alat komunikasi yang dapat ditangkap, dilihat, dan dipahami oleh alat penglihatan. Contohnya: buku, surat kabar, majalah, buletin, tabloid, dsb.
3) Media komunikasi audio-visual, yaitu alat komunikasi yang ditangkap, dilihat, didengar, dan dipahami melalui alat pendengaran dan penglihatan. Misalnya: televisi, VCD atau media belajar interaktif, internet, dan masih banyak lagi.

D.  Asas-Asas Komunikasi
Secara umum, asas-asas komunikasi yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut;
1.   Kemudahan dalam pengiriman informasi
2.  Informasi mudah dimengerti
3.  Kesamaan pengertian
4.  Penggunaan alat komunikasi yang sederhana/ mudah dimengerti
5.  Bermanfaat dan menguntungkan

E.  Faktor-Faktor Komunikasi
Menurut Scott, Scott M. Cultip dan Alen H. Center dalam bukunya, Effective Public Relations, terdapat tujuh faktor komunikasi, yaitu:
a)  Credibility (keterpercayaan)
b) Context (perhubungan)
c)  Convinient (kepuasan)
d)  Clarity (kejelasan)
e)  Continuity and Consistensy (kesinambungan dan konsisten)
f)  Capability of Audience (kemampuan komunikan)
g)  Channels of Distribution (saluran pengiriman berita)



Copyright 2009 Dinta Galuh. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates